Kurikulum Merdeka

Dalam rangka mendukung Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka (MBKM), Program Studi Desain Komunikasi Visual melakukan program inbound dengan membuka berbagai mata kuliah yang dapat di ambil oleh seluruh mahasiswa di luar Prodi DKV dan di luar Universitas Multimedia Nusantara.

Pada semester 5, mahasiswa diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah antar prodi di Universitas Multimedia Nusantara.

Sedangkan pada semester 6, mahasiswa diperbolehkan untuk melakukan pertukaran pelajar dengan universitas luar.

DAFTAR MATA KULIAH PRODI DI UMN UNTUK MAHASISWA DKV UMN

Akuntansi Manajemen Jurnalistik Komunikasi Strategis Informatika Sistem Informasi Teknik Komputer Teknik Elektro Teknik Fisika Arsitektur Film

Kode

Mata Kuliah

SKS

Deskripsi Mata Kuliah

EA801

Accounting for Business

3

Mata kuliah ini didesain bagi mahasiswa non akuntansi yang sedang merintis usaha atau menjalankan usaha mandiri dengan tujuan memberikan kemampuan dasar pengelolaan akuntansi dan keuangan bisnis serta analisis laporan keuangan dasar.

EA802

Taxation for Business

3

Mata kuliah ini didesain bagi mahasiswa non akuntansi yang sedang merintis usaha atau menjalankan usaha mandiri dengan tujuan memberikan pengetahuan dasar perpajakan bisnis untuk pemenuhan kewajiban perpajakan (perhitungan, penyetoran dan pelaporan).

EA803

Accounting Software for SME - Lab

3

Mata kuliah ini didesain bagi mahasiswa non akuntansi yang sedang merintis usaha atau menjalankan usaha mandiri dengan tujuan memberikan kemampuan dasar pengelolaan akuntansi dan keuangan bisnis menggunakan aplikasi akuntansi.

EA804

Cost Management and Budgeting

3

Mata kuliah ini didesain bagi mahasiswa non akuntansi yang sedang merintis usaha atau menjalankan usaha mandiri dengan tujuan memberikan kemampuan dasar perencanaan keuangan dan pengendalian biaya.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Deskripsi Mata Kuliah

EM936

Transformational Leadership

3

Mahasiswa akan diajarkan konsep kepemimpinan dan skills yang dibutuhkan untuk bertransformasi dari anggota tim dan kontributor individual menuju posisi sebagai seorang pemimpin. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan meningkatkan kapabilitas kepemimpinan mereka melalui feedback, reflection, dan practice. Mahasiswa akan membaca, bermain peran, experiential exercises untuk mengoptimalkan kapabilitas kepemimpinan.

EM104

Technology and Innovation Management

3

Keunggulan kompetitif perusahaan dapat ditingkatkan dari berbagai faktor seperti ukuran dan ketersediaan sumber daya. Berdasarkan tren bisnis hingga saat ini diyakini bahwa inovasi memainkan peranan penting pada daya tahan dan keberhasilan dalam jangka panjang perusahaan. Pada dekade terakhir lingkungan bisnis semakin bergejolak dan unpredictable. Pentingnya inovasi semakin mendesak disebabkan beberapa hal seperti cepatnya perkembangan teknologi yang semakin mengefisienkan biaya, pasar bebas, perubahan demografi, semakin singkatnya daur hidup produk, meningkatnya ekspektasi konsumen dan perubahan nilai-nilai hidup konsumen. Realitas bisnis baru sangat menuntut adanya inovasi yang berkesinambungan dan penciptaan produk dan jasa baru yang mampu bersaing secara global.

Matakuliah ini akan mengajak mahasiswa mempelajari pengelolaan teknologi dan inovasi yang sangat dibutuhkan oleh industri bisnis. Mahasiswa akan berdiskusi tentang fase dalam pengembangan produk baru serta peranan teknologi di dalamnya, penyebab mengapa suatu perusahaan lebih inovatif ketimbang perusahaan lainnya, penyebab keberhasilan dan kegagalan suatu inovasi, dan berbagai topik lainnya hingga mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep teknologi dan inovasi walaupun masih secara sederhana.

EM906

Digital Retail Management

3

Mata kuliah Manajemen Retail akan memberikan pemahaman yang menyeluruh dan mendalam berkaitan dengan pengelolaan perusahaan retail. Operasional perusahaan ritel dengan karakteristik khasnya, memberikan tantangan dan kesulitan tersendiri dalam mengelolanya sehingga mahasiswa akan diberikan overview dan insight view bagaimana perusahaan ritel yang sukses dikelola, terutama pada tingkat middle management.

EM512

Business Law

3

Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar dan pengertian hukum bisnis berdasarkan kerangka hukum umum yang berlaku di Indonesia. Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana bekerjanya hukum dengan pendekatan seperangkat kaidah-kaidah hukum yang dibentuk atau diperjanjikan untuk dapat mengatur dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang timbul dan tumbuh berkembang dalam aktivitas antara manusia khususnya dalam bidang perdagangan, termasuk pengaruh teknologi dan informasi terhadap perkembangan hukum bisnis di Indonesia.

EM608

Digital Marketing

3

Mata kuliah ini juga akan memberikan pemahaman dan membuka wawasan tentang retail saat ini maupun tren retail masa depan pada berbagai area yang ada, antara lain seperti the shoppers, teknologi, sistem informasi, procurement, logistik, pengendalian.

EM525

Small Business Management

3

Mata kuliah ini mengajarkan mengenai strategi dan teknik mengelola bisnis dengan skala kecil di tengah persaingan bisnis yang mengglobal. Dalam satu semester, mahasiswa akan diberikan informasi seputar lingkungan bisnis yang ada di Indonesia berikut dengan tantangannya yang dikemas sedemikian rupa menurut topik pengajaran per tatap muka. Topik per tatap muka akan membahas isu seputar perencanaan bisnis, merancang kebutuhan finansial, sumberdaya, menyusun strategi pemasaran dan isu-isu terkait legal.

EM526

Social Entrepreneurship

3

e-Marketing lebih dari sekadar pemasaran tradisional yang mempergunakan teknologi. Mata kuliah ini mengeksplorasi bagaimana internet mempengaruhi cara tradisional dari marketing, strategi perusahaan dengan memanfaatkan internet, kesulitan dan isu yang dihadapi, aplikasi e-Marketing dalam aktivitas pemasaran. e-Marketing memanfaatkan secara maksimal tren teknologi digital terbaru.

EM111

ICT Business for Creative Industry

3

Bisnis berbasis ICT (Information Communication Technology) menciptakan suatu tren baru dan memberi warna baru pada tatanan bisnis yang telah ada dan teknologi menciptakan sesuatu yang disebut information economy.

Matakuliah ini akan membahas empat kategori industri bisnis ICT yakni teknologi infrastruktur (network), multimedia, dan software application, service dan multimedia content, dan industri lain yang berbasis ICT. Dalam masyarakat digital, mahasiswa didorong untuk menciptakan industri berbasis ICT.

EM603

Service Marketing

3

Pemasaran jasa adalah pemasaran berdasarkan relationship dan value. Pemasaran jasa memiliki keunikan jika dibanding dengan pemasaran untuk produk. Perbedaan mendasar adanya penambahan tiga P’s yakni People, Physical evidence, dan Process, selain 4 P’s lain (Product, Price, Place, Promotion).

Mata kuliah ini membahas tentang implikasi dari karakteristik jasa yang berbeda dibandingkan barang (goods). Mata kuliah ini mencakup karakteristik jasa, kualitas jasa, bauran pemasaran jasa, peningkatan kualitas dan kepuasan pelanggan.

EM703

Training and Development

3

Pelatihan dan Pengembangan merupakan lanjutan dari mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia, mahasiswa akan mempelajari dan mengaplikasikan aspek-aspek pelatihan dan pengembangan karyawan.

Mahasiswa akan diberikan pengetahuan dan konsep yang lebih mendalam tentang peran strategis dari karyawan, training need analysis, desain pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari pelatihan yang bersifat konvensional sampai dengan pelatihan yang memanfaatkan teknologi informasi terkini, evaluasi training, pendekatan dalam pengembangan karyawan, serta area-area kunci pelatihan organisasi.

Selain itu, mata kuliah ini akan dilengkapi dengan topik-topik yang berkaitan dengan tantangan dalam manajemen karir, dan berbagai isu atau tren pengembangan karyawan.

EM804

Manajemen Keuangan Internasional

3

Mata kuliah ini didesain untuk memberikan kerangka dasar dari perusahan multinasional yang secara intens berhubungan erat dengan kurs asing dan pasar keuangan internasional. Matakuliah ini menekankan konsep dasar dan juga perspektif manajerial. Pemahaman terhadap konsep dasar ini akan membuat mahasiswa memiliki kemampuan berpikir analitis dan pemahaman pada perspektif akan membantu kemampuan mahasiswa untuk mengambil keputusan manajerial.

EM801

Fundamental of Investment

3

Berbagai investasi memiliki tingkat imbal balik (return) yang tidak pasti. Mata kuliah ini membahas mengenai proses analisis, penilaian, pemilihan dan pengelolaan investasi/portofolio surat berharga seperti, saham dan obligasi serta mengukur kinerjanya.

Kode

Mata Kuliah

SKS

JR101

Media Writing

3

JR317

Interview and Reportage

3

JR215

Photojournalism

3

JR102

Narrative Storytelling

3

JR251

Media Ethics and Law

3

JR108

Data-driven Storytelling

3

JR105

Audio Storytelling

3

JR101

Media Writing

3

JR317

Interview and Reportage

3

JR215

Photojournalism

3

JR102

Narrative Storytelling

3

JR251

Media Ethics and Law

3

JR108

Data-driven Storytelling

3

JR105

Audio Storytelling

3

Kode

Mata Kuliah

SKS

MSC3200

Visual & Photographic Communication

3

MSC3201

Digital Graphic Communication

3

MSC3202

Art, Copywriting & Creative Strategy

3

MSC3203

Creative Media Production

3

MSC3300

Digital Strategic Communication & Data Analytics

3

MSC3301

Social Media & Mobile Marketing Strategy

3

MSC3302

Growth Hacking for Startup Business

3

MSC3400

Marketing Public Relations

3

MSC3401

Public Speaking & Presentation Skills

3

MSC3402

Media Relations & Publicity Effectiveness

3

MSC3403

Issue Management & Crisis Communication

3

MSC3404

Corporate Branding & Reputation Management

3

MSC3405

Writing for Public Relations

3

MSC3406

Community Relations & Engagement

3

MSC3407

Investor & Government Relations

3

MSC3408

Internal Communication & Corporate Culture

3

MSC3409

Communication for Sustainable Development

3

MSC3500

Media Planning & The Consumer Journey

3

MSC3501

Advertising Business & Management

3

MSC3502

Transmedia & Brand Storytelling

3

MSC3503

Special Event & Brand Activation

3

MSC3504

Integrated Brand Campaign

3

MSC3505

B2B Communication

3

MSC3506

Account Planning & Management

3

MSC3507

Sales Promotion Communication

3

MSC3508

Personal & Relationship Selling

3

MSC3509

Direct Marketing & Customer Relationship Management

3

Kode

Mata Kuliah

SKS

Pra-Syarat

Deskripsi Mata Kuliah

IF670

Pemrograman Seluler Lintas-Platform

3

Pemrograman Berorientasi Objek

Mempelajari konsep perancangan dan pembuatan aplikasi mobile berbasis cross platform.

IF671

Blockchain & Mata Uang Digital

3

Algoritma dan Struktur Data

Mempelajari konsep blockchain meliputi kemampuan dan keterbatasannya. Termasuk salah satu aplikasi pemanfaatannya yaitu mata uang digital.

IF672

Pemrosesan Paralel

3

Desain & Analisis Algoritma

Mempelajari konsep komputasi paralel beserta perancangan dan implementasi algoritma paralel untuk menyelesaikan suatu permasalahan komputasi.

IF673

Cybersecurity: Firewall Configuration & Management

3

Keamanan Komputer

Mata kuliah ini memberi mahasiswa pemahaman umum tentang cara menginstal, mengkonfigurasi, dan mengelola firewall untuk pertahanan arsitektur jaringan. Mahasiswa akan mempelajari teori dan langkah-langkah konfigurasi untuk menyiapkan fitur keamanan, jaringan, pencegahan ancaman, logging, dan pelaporan dari teknologi firewall. Mahasiswa juga akan mempelajari teori dan fitur konfigurasi lanjutan yang diperlukan untuk menyiapkan penanganan lalu lintas, identifikasi konten / pengguna tingkat lanjut, kualitas layanan, perlindungan global, pemantauan / pelaporan, dan ketersediaan yang tinggi menggunakan teknologi firewall.

IF674

Cybersecurity: Cloud & Operation Security

3

Keamanan Komputer

Mata kuliah ini memberikan mahasiswa prinsip-prinsip dasar yang terkait dengan pengamanan awan (cloud) dan aplikasi berbasis SaaS (Software as a Service) melalui arsitektur Secure Access Service Edge dan mengidentifikasi konsep yang diperlukan untuk mengenali dan berpotensi mengurangi serangan terhadap pusat data tradisional dan hybrid serta infrastruktur penting. Mahasiswa juga akan belajar bagaimana mengatur konfigurasi awal dan mengkonfigurasi kontainer pada jaringan bridge docker dan menguji keamanan kontainer melalui penggunaan scan dan laporan kerentanan. Mata kuliah ini juga memberi mahasiswa pemahaman tentang operasi keamanan (SecOps) dan peran yang dimainkannya dalam melindungi cara hidup digital kita, untuk bisnis dan pelanggan. Mahasiswa akan mempelajari proses peningkatan berkelanjutan untuk mengumpulkan kecerdasan fidelitas tinggi, data kontekstual, dan alur kerja pencegahan otomatis yang dengan cepat mengidentifikasi dan merespons ancaman yang berkembang cepat. Mereka juga akan mempelajari cara memanfaatkan otomatisasi untuk mengurangi tekanan pada analis dan menjalankan misi Pusat Operasi Keamanan (SOC – Security Operation Center) untuk mengidentifikasi, menyelidiki, dan mengurangi ancaman.

IF680

Konsep Multimedia

3

-

Mempelajari konsep dasar multimedia seperti teks, gambar, suara, dan video, serta pembuatan aplikasi multimedia yang interaktif menggunakan Scratch.

IF681

3D Game Design & Development

3

Pemrograman Berorientasi Objek

Mempelajari teori dan praktek perancangan dan pembuatan game 3D (3-Dimensi).

IF682

AR VR Game Design & Development

3

Pemrograman Berorientasi Objek

Mempelajari teori dan praktek perancangan dan pembuatan game berbasiskan teknologi Augmented Reality dan Virtual reality.

IF690

Komputer dan Masyarakat

3

-

Mempelajari tata cara pemanfaatan teknologi informasi dan komputer sesuai dengan nilai-nilai etika, hukum, dan norma yang berlaku di masyarakat.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Pra-Syarat

Deskripsi Mata Kuliah

IS 100

Management Information Systems

3

-

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan yang komprehensif bagaimana perusahaan-perusahaan menggunakan sistem informasi berbasiskan komputer dalam operasional dan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sistem informasi adalah salah satu alat utama bagi perusahaan untuk memperlancar operasional, membangun produk dan layanan baru, meningkatkan ketajaman pengambilan keputusan serta mencapai keunggulan kompetitif.

IS 201

Corporate Business Process

3

-

Mata kuliah ini akan memperkenalkan bisnis-bisnis proses penting dalam perusahaan dengan berbasis sistem informasi yang terakhir. Mata kuliah ini memperkenalkan proses-proses dalam suatu bisnis beserta dokumen atau form pendukung serta memperkenalkan nama-nama bagian/departemen yang terkait langsung. Mahasiswa juga belajar peran alat-alat kontrol baik secara manual maupun secara system informasi sehingga tercapainya profit atau keuntungan secara maksimal yang dapat dicapai dalam suatu perusahaan.

IS 220

Human Computer Interaction

3

-

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan modal dasar bagi mahasiswa untuk memahami konsep dan dasar interaksi antara manusia dan komputer dan mampu mengimplementasikannya dalam disain piranti lunak. Dalam kuliah ini, mahasiswa dibekali pengetahuan mengenai perilaku interaksi manusia, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi interaksi manusia dan komputer, dan bagaimana mengukur keberhasilan pada IMK. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa akan memiliki pengetahuan dasar dalam menyusun disain tatap muka dan mengukur keberhasilan disain tersebut pada disain piranti lunak.

IS 599

Data Visualization

3

IS388 Data Analysis

Mata kuliah ini memberikan materi mengenai teknik pengolahan mahadata tipe terstruktur dan teknik visualisasi data menggunakan software tableau sehingga menjadi informasi yang digunakan sebagai acuan oleh perusahaan ataupun organisasi dalam proses pengambilan keputusan.

IS 388

Data Analysis

3

IS240 Probability and Statistics

Mata kuliah ini diberikan untuk membahas bentuk-bentuk analisis data bisnis yang popular mengikuti era Big Data. Mahasiswa akan mampu mengamati data, mencari pola dari data tersebut yang menunjukkan kondisi dari suatu perusahaan. Kemudian mahasiswa melakukan diskusi dan eksperimen-eksperimen untuk menemukan model-model solusi baru yang nantinya bermanfaat untuk kemampuan bersaing suatu perusahaan.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Deskripsi Mata Kuliah

CE121

Aljabar Linier

3

Mempelajari konsep dan aplikasi aljabar linier sebagai dasar penyelesaian sistem linier.

CE332

Arsitektur & Organisasi Komputer

3

Mempelajari prinsip dasar bagaimana komputer dapat bekerja dan bagaimana komputer dirancang sesuai dengan kebutuhan fungsi tertentu.

CE449

Jaringan Komputer

2

Mempelajari prinsip dasar komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan terhubung.

CE311

Probabilitas & Statistika

2

Mempelajari dasar statistika deskriptif dan inferensial.

CE232

Sistem Digital

3

Mempelajari prinsip kerja rangkaian digital.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Wajib / Pilihan

Deskripsi Mata Kuliah

EEM 311

Rangkaian Elektrik

3

Wajib

Mata kuliah ini mengajarkan dasar komponen pasif elektronika seperti resistor, kapasitor dan induktor.

EEM 411

Elektronika Dasar

3

Wajib

Mata kuliah ini mengajarkan dasar komponen aktif elektronika seperti dioda, transistor, mosfet, Op-AMP, dll.

EEM 412

Desain dan Etika Rekayasa

3

Wajib

Mata kuliah ini membahas mengenai konsep desain rekayasa dan etika dalam dunia rekayasa atau engineering.

EEM 421

Sistem Instrumentasi Industri

3

Pilihan

Mata kuliah ini membahas prinsip-prinsip umum pengukuran dan sistem instrumentasi yang digunakan, elemen-elemen dan struktur sistem instrumentasi, fungsi, dan cara kerjanya, dan teori dan konsep praktis bermacam-macam perangkat antarmuka.

EEM 422

Programmable Logic Controller & SCADA

3

Pilihan

Mata kuliah ini membahas tentang pengenalan sistem PLC, arsitektur, komponen, pengenalan pemrograman PLC, konsep komunikasi antar PLC, Sistem PLC networking, dan SCADA.

EEM 522

Robotika

3

Pilihan

Mata kuliah ini membahas dasar-dasar robotika, teknik pemodelan robotika, pemahaman persamaan kinematik dan dinamik serta path planning dan trajectory tracking suatu robot, kemampuan merancang sebuah sistem robot dan penggunaannya di industri.

EEM 523

Desain Sistem Mekatronika

3

Pilihan

Mata kuliah ini membahas konsep sistem mekatronika, komponen sensor, aktuator, antar muka sistem analog dan digital, pengendalian sistem elektro-mekanikal berbasis mikrokontroler dan pengambilan dan pengolahan data dari sistem mekatronika. Di akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu merancang sebuah sistem mekatronika dengan menerapkan semua konsep perancangan sistem mekatronika dengan baik.

EEM 524

Otomasi Industri

3

Pilihan

Mata kuliah ini membahas teknologi otomasi dan aplikasinya pada industri dan perancangan yang menekankan pada: pemahaman jenis-jenis sistem otomasi khususnya di industri manufaktur dan mekanisme, perancangan dan pengembangan sistem otomasi yang menekankan pada 3 hal: kehandalan, kualitas dan biaya serta pemahaman sistem pengendalian robot.

EEM 631

Sistem Kendali Multivariabel

3

Pilihan

Mata kuliah ini membahas pengertian sistem multivariable, karakteristiknya, sifat kopling input-output dan cara menanganinya, kesulitan pengendaliannya, tuning atau penalaan pengendali pada sistem multivariabel.

EEM 636

Sistem Manufaktur Fleksibel

3

Pilihan

Mata kuliah ini mengajarkan Group Technology yang terdiri dari Processing Station yang terhubung dengan automated material handling and storage system.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Pra-Syarat

Deskripsi Mata Kuliah

EP M301

Energi & Lingkungan

2

-

Mata kuliah ini membahas mengenai isu kontemporer terkait penggunaan energi dan degradasi lingkungan pada skala lokal, regional, dan global. Kuliah yang bersifat kolaboratif ini akan dilengkapi dengan pengetahuan faktual dasar dalam konteks sehari-hari yang diperlukan untuk mengembangkan solusi permasalahan.

EP M404

Komputasi Fluida Dinamis

3

EP M302 Rekayasa Termal & Fluida

Mata kuliah ini membahas teknik-teknik komputasi yang esensial untuk menyelesaikan persamaan-persamaan fluida, terutama fluida tak termampatkan. Topik yang dibahas meliputi: derivasi sistem persamaan fluida, diskretisasi dengan metode finite difference, metode finite difference untuk aliran tunak, skema-skema komputasi aliran tak termampatkan berbasis phyton.

EP M402

Manajemen Energi

3

EP M301 Energi & Lingkungan

Mata kuliah ini membahas mengenai tata pengelolaan energi baik pada bangunan/gedung maupun industri, sebagai landasan dasar untuk melakukan perencanaan dan penerapan audit penggunaan energi. Audit energi ini akan diperuntukan sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi pada berbagai jenis beban baik pada sektor industri maupun gedung/bangunan.

EP M405

Energi Terbarukan

3

EP M301 Energi & Lingkungan

Mata kuliah ini membahas mengenai tata pengelolaan energi baik pada bangunan/gedung maupun industri, sebagai landasan dasar untuk melakukan perencanaan dan penerapan audit penggunaan energi. Audit energi ini akan diperuntukan sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi pada berbagai jenis beban baik pada sektor industri maupun gedung/bangunan.

EP ME12

Indoor Air Quality

3

EP M301 Energi & Lingkungan

Mata kuliah ini membahas tentang identifikasi dan analisis permasalahan kualitas udara di dalam gedung/bangunan termasuk juga skema perancangan sistem sebagai solusi untuk mengurangi permasalahan tersebut.

EP ME15

Building Information Modeling

3

EP M403 Fisika Bangunan

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan secara hands-on kepada mahasiswa tentang Building Information Modelling (BIM) yang merupakan teknologi pemodelan struktur gedung/bangunan berbasis komputer.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Deskripsi Mata Kuliah

AR 644

Multimedia dalam Arsitektur

3

Illustrator, Photoshop, V-Ray untuk Sketchup, Lumion, Twin Motion

AR 341

Komunikasi Digital 1

3

Rhino & Grasshopper

AR 442

Komunikasi Digital 2

3

Revit

AR 543

Building Information Modelling

3

Archicad

AR 913

Virtual Reality dalam Arsitektur

3

Unreal Engine

AR 911

BIM Lanjutan

3

Archicad

AR 905

Perancangan Fabrikasi Digital

3

Rhinoceros

Kode

Mata Kuliah

SKS

Deskripsi Mata Kuliah

FM621

Film Festival Theory and Practice

4

Penyelenggaraan Festival Film Mahasiswa (Ucifest)

FM622

Film Literacy

3

Pemahaman mengenai teori-teori Film

FM631

Nusantara Storytelling History

3

Sejarah cerita di Indonesia, dari kerajaan nusantara hingga Indonesia modern.

FM632

Sejarah Film Indonesia

3

Sejarah perkembangan perfilman di Indonesia

FM651

Costume & Hand Props Design

3

Pembuatan kostum karakter film dan properti penunjang film

FM652

Voice Acting

3

Olah suara dalam memerankan karakter film

FM653

Make-up Character Effects

3

Teknis pembuatan make-up khusus untuk mendukung visual film

DAFTAR MATA KULIAH DKV UNTUK

MAHASISWA INTERNAL DAN EKSTERNAL UMN

Pada semester Ganjil, Prodi DKV membuka mata kuliah yang dapat diambil oleh seluruh mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara di luar Prodi DKV. Berikut adalah daftar mata kuliah tersebut:


Kode

Mata Kuliah

SKS

Deskripsi Mata Kuliah

DK100

Nirmana

4

Elemen dan prinsip seni dan desain.

DK201

Illustration

3

Merancang visual ilustrasi pada suatu informasi atau konten

DK112

Drawing Principles

3

Dasar dan prinsip dalam menggambar

DK103

Typography Principles

3

Dasar dan prinsip dalam membuat teks agar sesuai tujuan desainnya

DK104

Photography Principles

3

Mempelajari penggunaan kamera secara umum dan teori mengambil photo secara baik dan benar tanpa mengurangi esensi dari pada keindahan foto tersebut, serta belajar mengambil photo untuk produk yang sifatnya kelak akan digunakan sebagai bagian dari pada periklanan

DS101

Intellectual Property Rights

2

Dasar pengenalan dan pemahaman tentang intellectual property

Pada semester Genap, Prodi DKV membuka mata kuliah yang dapat diambil oleh seluruh mahasiswa Prodi DKV dari universitas di luar UMN. Berikut adalah daftar mata kuliah tersebut:

Kode Mata Kuliah dalam Bahasa Indonesia Mata Kuliah dalam Bahasa Inggris SKS
BD 690 Desain Grafis Lingkungan Environmental Graphic Design 3
ID 690 Desain Permainan Interaktif Interactive Toys Design 3
BD 591 Periklanan Digital Digital Advertising 3
ID 790 Interaksi Manusia-Komputer Human Computer Interaction 3
Total SKS 12