Visi & Misi

VISI

Menjadi Program Studi Strata Satu Desain Komunikasi Visual unggulan yang menghasilkan lulusan kreatif, inovatif, kompeten, dan berwawasan Internasional dengan berorientasi pada pengembangan visual new media berbasis Information and Communication Technology (ICT), berjiwa wirausaha, dan berbudi pekerti luhur.

1. Kreatif dan Inovatif
Mahasiswa didorong untuk selalu memberikan kontribusi pada kebaruan karya desain. Inovasi akan dipengaruhi oleh kreatifitas yang dihasilkan mahasiswa, baik dalam konsep, ide, maupun metode desain. Inovasi dan kreatifitas dalam metodologi pengajaran akan memberikan dinamika kegiatan belajar mengajar yang mendorong terciptanya karya desain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
2. Kompeten
Prodi Desain Komunikasi Visual dibangun dengan mengolah masukan dari pelaku industri dan kebutuhan masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa mempunyai kompetensi yang dibutuhkan oleh pengguna lulusan maupun masyarakat umum.
3. Bertaraf Internasional
Salah satu cara untuk menuju taraf internasional adalah digunakannya literatur berbahasa Inggris dari beberapa negara dan jurnal internasional di bidang desain dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kami juga mengirimkan hasil karya grafis dosen dan mahasiswa ke pameran/festival internasional.
4. Wirausaha
Untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha mahasiswa dibekali dengan kurikulum yang mempersiapkan dan memampukan mahasiswa dalam berwirausaha, menumbuhkan jiwa wirausaha, memberi wacana memanfaatkan jejaring, mencari modal usaha, dan lain sebagainya.
5. Berbudi pekerti luhur
Untuk menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti luhur, Prodi Desain Komunikasi Visual memberlakukan kurikulum yang menekankan muatan pekerti luhur pada perkuliahan yang berkaitan dan kegiatan softskill yang dilaksanakan secara rutin.
6. Pengembangan visual new media
Perkembangan teknologi di Indonesia dan munculnya media-media baru memberikan kesempatan baru juga dalam mengembangkan karya-karya yang digunakan dengan perangkat-perangkat elektronik. Secara visual, pengembangan ini mendorong kurikulum untuk menjawab perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat.

MISI

  • 01
    Menyelenggarakan
    proses pembelajaran yang didukung tenaga pengajar berkualitas dan kurikulum up to date yang link and match dengan dunia industri.
  • 02
    Melaksanakan
    program penelitian yang memberikan kontribusi bagi pengembangan Desain Komunikasi Visual berbasis ICT.
  • 03
    Memanfaatkan
    ilmu Desain Komunikasi Visual dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

TUJUAN PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

  1.  Membentuk Sarjana Seni & Desain yang mempunyai kompetensi tinggi di bidang visual new media dengan dasar berbudi pekerti luhur, berbudaya nusantara, berjiwa entrepreneur & mampu beradaptasi dengan dunia
  2.  Melahirkan karya ilmiah di bidang Seni & Desain berupa hasil riset, perancangan, prosiding, dan jurnal ilmiah, baik secara digital maupun tradisional yang bermanfaat bagi masyarakat dan industri.
  3.  Melakukan pengabdian ilmu Seni & Desain kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, kegiatan program studi, dan kegiatan alumni.
KOMPETENSI PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

– Memahami prinsip-prinsip dasar dan pengetahuan mengenai seni dan proses desain.

– Mampu memadukan elemen-elemen desain seperti komposisi warna, tekstur, aksara, dan ide-ide visual sebagai solusi visual dalam pemahaman dasar Desain Komunikasi Visual.

– Mampu mengkomunikasikan, menghasilkan, dan mempresentasikan gagasan secara independen atau dalam grup.

– Menerapkan pengetahuan dasar desain.

– Menerapkan Budaya Nusantara dalam berbagai konsep perancangan.

– Melakukan proses apresiasi terhadap lingkungan sekitarnya.

– Melakukan aktivitas kerja dalam konteks organisasi desain.

– Menerapkan pengetahuan tentang metode grafika.

– Mengoperasikan perangkat lunak desain grafis.

– Menyusun Portfolio Kerja

– Menerapkan teori dasar desain grafis.

– Menyusun dokumentasi lengkap untuk menjaga Hak Atas Kekayaan Intelektual terhadap karya yang dihasilkan.

– Menyusun brief teknik spesifikasi cetak

– Menerapkan teori dasar komunikasi

– Menghasilkan creative brief untuk pengembangan karya Desain.

– Mengkoordinasikan dan mengadakan rapat internal dengan tim.

Mampu menerima dan memahami nilai-nilai keagamaan, kebangsaan, dan etika kerja profesi, serta kepedulian sosial melalui nilai-nilai Caring, Credible, Competent, Competitive, dan Customer Delight, untuk menjalankan pekerjaan sesuai bidang keahliannya dalam skala nasional maupun global.

Penugasan produksi graphic design global dan semangat entrepreneur menjadikan mahasiswa DKV UMN lebih representatif, unggul, dan menarik bagi kalangan industri dengan kemampuan:

– Menghitung anggaran produksi.

– Mengintegrasikan pengetahuan dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain visual.

– Mengembangkan dan memahami konsep monetisasi IP.