Berita

Mahasiswa DKV UMN Terlibat Sebagai Kurator Festival Gapura Cinta Negeri

Dalam rangka memperingati perayaan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementrian Sekretariat Negara bersama Kementrian Dalam Negeri dan Badan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan lomba menghias gapura dalam Festival Gapura Cinta Negeri. Festival ini mengundang mahasiswa/i tingkat akhir Program Studi Desain Komunikasi Visual UMN untuk berpartisipasi menjadi bagian dalam acara tersebut dengan bertugas sebagai Kurator. 

   

Kegiatan kurasi berlangsung dari tanggal 6 Agustus 2019 – 19 Agustus 2019. Mahasiswa/i yang terpilih adalah Jennifer Huang, Eldad Efata, Ni In, Cherry Tefani, dan Sharon Cyrilla. Sebelum memulai kegiatan, seluruh kurator yang terlibat akan menjalani rangkaian pengukuhan yang menjamin komitmen, profesionalitas, dan kerahasiaan informasi selama proses kurasi berlangsung. Setelah menjalani rangkaian pengukuhan tersebut, seluruh kurator dipersilahkan untuk mulai memulai proses kurasi. Dalam proses ini, terdapat indikator yang harus dipertimbangkan dalam penilaian yaitu nilai estetika, kreativitas produksi, ide dan storytelling, gotong royong, dan relevansi ide terhadap nilai cinta negeri. 

Selain itu, seluruh kurator yang terlibat dalam festival ini juga diundang untuk menghadiri Istana Negara Republik Indonesia pada Upacara Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2019 kemarin. Melalui rangkaian kegiatan ini, diharapkan mahasiswa DKV UMN akan semakin terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bertajuk kenusantaraan dan semakin menjunjung tinggi nilai nasionalisme dan patriotisme demi kemajuan Negara Republik Indonesia.