Berita

IMAGO 4.0: Bukan Sekadar Pameran Karya Tugas Akhir FSD UMN

IMAGO merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Fakultas Seni & Desain Universitas Multimedia Nusantara. Imago merupakan sebuah portfolio keberhasilan pembelajaran di FSD UMN. Imago ini juga memiliki dimensi benchmarking dan reflektif terhadap proses output kurikulum FSD UMN. Imago 4 mengambil konsep “Industry Ready” untuk mempersiapkan para calon lulusan dengan pengetahuan dan mental yang kompetitif. Dalam acara ini, akan dipamerkan 56 karya terbaik dari mahasiswa Fakultas Seni dan Desain. Pamerannya sendiri telah diadakan dari tanggal 9 – 13 September 2019 bertempat di Function Hall, Universitas Multimedia Nusantara. Mengusung tema Industry Ready, IMAGO 4.0 juga mengadakan beberapa kegiatan lain seperti talkshow, seminar umum, dan bedah karya Tugas Akhir.

 

Dalam talkshow IMAGO 4.0 dihadirkan pembicara dari para alumni DKV dan Film yang sudah bekerja di berbagai bidang. Talkshow tersebut bertujuan untuk mempersiapkan teman-teman yang masih menjalankan pendidikan agar mengetahui prospek karir di masa depan dari alumni yang sudah berhadapan dengan kehidupan pekerjaan. Bedah karya oleh mahasiswa yang sudah melewati Tugas Akhir diadakan dengan memilih beberapa karya untuk dibedah dan dijelaskan secara jelas proses pembuatannya agar dapat memberikan insight baru bagi para mahasiswa yang akan membuat Tugas Akhir. 

Seminar umum IMAGO 4.0 tahun ini menghadirkan para pembicara yang luar biasa, di tanggal 10 September 2019 IMAGO 4.0 mengundang Hanung Bramantyo yang membahas tentang ‘Dibalik Layar Industri Perfilman’, HRD Cosmopolitan dan Hakuhodo yang membawakan topik tentang ‘How to Sell Yourself’, dan Andre Surya yang dikenal dengan julukan Master of VFX. 

 

Pada tanggal 11 September 2019, Caravan Studio hadir untuk memberikan seminar tentang concept art dari film ‘Gundala’ yang baru tayang di bioskop beberapa minggu yang lalu. Dalam seminarnya, Caravan Studio juga memberikan demo live drawing character yang akan datang dari Bumi Langit Universe, yaitu Cempaka. 

 

Selanjutnya, pada tanggal 12 September 2019, ada Surya Palace Jaya yang dikenal sebagai salah satu distributor kertas terbesar di Indonesia yang hadir untuk memberikan seminar mengenai ‘Packaging 101’ yang tentunya membahas jenis dan bahan kertas, tipe-tipe packaging, dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Rangkaian seminar IMAGO 4.0 ditutup oleh Youtuber dan Content Creator yang terkenal akan dubbingnya, yaitu Fluxcup. Dalam seminar ini, Fluxcup hadir menggunakan topeng yang menjadi ciri khasnya. Seminar oleh Fluxcup yang berjudul ‘Produk Gagal [Industri Hiburan] Era Informatika’ memberikan pandangan baru terhadap seni dan popularitas seorang content creator serta keinginan untuk terus berkarya. Walaupun dikenal dengan kontennya yang mengocok perut, tetapi dalam menyampaikan seminar tersebut Fluxcup membahas segala hal secara serius, namun tidak menghilangkan sisi humor dari Fluxcup. 

 

Sebagai apresiasi bagi para peserta, IMAGO 4.0 mengadakan award dengan kategori People’s Choice Award. Tidak lupa untuk para pemenang lomba “Hidup Sebagai Maba” yang diumumkan setelah seminar Fluxcup di tanggal 12 September 2019. 

 

Acara IMAGO 4.0 berakhir pada tanggal 13 September 2019 dan ditutup dengan screening Tugas Akhir  dari jurusan Film dan Animasi. Screening ini juga disertai dengan bedah karya dari beberapa karya Film dan Animasi yang terpilih. 

Contact us

LINE: @im.a.go

 

Instagram: im.a.go