Berita, Kerjasama

Kerjasama MK Design for Society dengan Desa Keranggan dan Desa Lengkong Kulon

Design for society DKV602 adalah mata kuliah wajib semester 6 dari program studi Desain Komunikasi Visual, dengan tujuan agar mahasiswa mampu belajar menerapka metode desain yang berpusat pada manusia dalam lingkungan dan permasalahan masyarakat yang riil. Luaran dari mata kuliah ini adalah rekomendasi desain inovatif sebagai solusi masalah masyarakat spesifik yang berdasar hasil riset langsung ke lapangan. Oleh karena itu, mata kuliah ini pada pelaksanaan perdananya di semester genap tahun 2019 bekerjasama dengan LPPM UMN dan 2 desa binaan yaitu: Desa Keranggan dan Desa Lengkong Kulon.

Terdapat 9 kelas yang terbagi menjadi 91 kelompok yang menghasilkan 91 purwarupa desain, di mana 1 kelompok terdiri dari 3 hingga 4 mahasiswa. 91 kelompok mahasiswa yang terbagi dalam 9 kelas melakukan proses empati ke desa untuk mencari akar masalah sesuai tema khusus untuk kemudian membuat desain inovasi sebagai solusi konkrit dengan metode human centered design. Beberapa tema desain inovasi kami adalah Lingkungan, Kebersihan, Isu Pemuda, Isu Sosial, UKM, dan Smart Village.

Seluruh hasil purwarupa ini kemudian dipresentasikan dan ditampilkan pada pameran UAS MK Design for Society. Dari seluruh peserta MK Design for Society, terdapat satu karya terbaik yaitu Purwarupa Linkonkulon (desa pintar) karya terbaik paralel dari kelompok mahasiswa kelas I yang menamakan diri mereka “Sapi Terbang”, terdiri dari: Gerwyn Giovani, Evelyne, dan Dessy Ratna Sari.