Berita, Kerjasama

Kolaborasi Mata Kuliah Design Project DKV UMN dengan Kemendikbud

DKV UMN mengadakan kolaborasi dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam pembuatan modul pembelajaran cara pengasuhan anak. Kolaborasi ini mengajak DKV UMN untuk ikut terlibat dalam proses perancangan dan desain modul tersebut dengan melibatkan mahasiswa dari mata kuliah DKV 502 Design Project sebagai eksekutor. Kolaborasi ini berjalan selama rentang waktu kurang lebih 1 bulan dan melibatkan 17 mahasiswa. 

Mahasiswa yang terlibat merupakan mahasiswa semester 5 yaitu Jessy Angelica, Agnessa Nathania Dessandra, Angeline Zeanetti Tenggara, Michelle Alexandra Audria, Jennifer Carolina, Olivia Giovanny, Julia, Eldad Efata, Ruth Anastasia, Niken Larasati Ayuningtyas, Caroline Andrian, Josephine Senjaya, Salma Farhana. Dosen yang terlibat dalam project ini adalah Tolentino, S.Ds., M.M., sebagai supervisor, dan Luisa Erica, S.Ds. sebagai pembimbing mahasiswa.

Melalui kolaborasi ini, dihasilkan 5 buah modul pembelajaran dengan desain dan ilustrasi yang berbeda sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Modul ini nantinya akan digunakan untuk melatih fasilitator dan narasumber sehingga nantinya mereka dapat membagikan ilmu kepada keluarga-keluarga yang membutuhkan. 

Mahasiswa yang terlibat juga melakukan kunjungan langsung ke kantor Kemendikbud yang berada di Jakarta Selatan dengan didampingi oleh Luisa Erica selaku pembimbing dalam project ini. Produk yang dihasilkan oleh mahasiswa DKV UMN berupa file digital yang nantinya akan diunggah dalam website Kemendikbud dan dibagikan kepada fasilitator dan narasumber yang terlibat. Berdasarkan wawancara dengan pihak Kemendikbud, harapan kedepannya adalah agar modul-modul ini dapat dicetak dan dijadikan buku panduan yang bisa dibagikan langsung. 

Melalui kerjasama ini, DKV UMN berharap agar kualitas dan pengetahuan mahasiswa dapat semakin meningkat dan memenuhi kebutuhan industri kreatif, serta DKV UMN dapat terus terlibat dalam pengabdian kepada negara.